Wisata Religi: Makam Salah Satu Wali Pitu di Loloan Barat - Beritabali.com

Wisata

Wisata Religi: Makam Salah Satu Wali Pitu di Loloan Barat

Senin, 22 November 2021 | 12:10 WITA
Wisata Religi: Makam Salah Satu Wali Pitu di Loloan Barat

beritabali/ist/Mengunjungi Makam Salah Satu Wali Pitu di Loloan Barat.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, JEMBRANA.
Kegiatan wisata religi tetap terlaksana kendati sedikit ada peningkatan ketika masa Pandemi Covid-19. Hal ini tak  menghalangi para peziarah yang tetap mengedepankan protokol kesehatan ketat.
Seperti yang nampak pada Makam Islam di Loloan Barat, Jembrana yaitu makam Habib Ali Bafaqih. Muhajirin Juru Kunci Makam menceritakan awal mula figur Habib Ali Bafaqih, yang dilahirkan dari pasangan Habib Umar dan Syarifah Nur, pada tahun 1890 di Banyuwangi. 
Selain mendalami ilmu al-Quran di waktu mudanya beliau dikenal sebagai pendekar silat yang sangat tangguh. Jauh sebelum beliau mendirikan Pondok Pesantren Syamsul Huda di Loloan Barat Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana Bali.
"Habib Ali terlebih dahulu mengajar di Madrasah Khairiyah selama setahun di daerah kelahirannya Banyuwangi. Perjalanan ke Bali beliau lakukan atas permintaan Datuk KH. Mochammad Said, seorang ulama besar di Loloan. Mulailah Syiar Islam berbinar di Loloan dengan makin bertambahnya ulama setingkat Habib Ali Bafaqih," ungkapnya.
Muhajirin juga mengimbuhkan, Jika di Pulau Jawa terkenal dengan Wali Songo maka di Bali ada Wali Pitu yang salah satunya yaitu Habib Ali Bafaqih. Habib Ali Bafaqih wafat dalam usia 107 tahun, pada tanggal 27 Februari 1997 M di Loloan Barat Jembrana, Bali. 
Atas perjuangan dan kegigihanya mensyiarkan agama Islam dan juga ketinggian ilmunya maka beliau dianggap sebagai salah satu “Wali Pitu” yang ada di Bali.
"Para peziarah banyak mulai datang, sebagai objek wisata religius juga mengingatkan umat manusia akan kebesaran-besaran ciptaanNya. Ziarah wali Pitu juga merupakan selain ritual agama para peziarah juga menikmati alam Bali yang mempesona. Hal ini justru membangkitkan kembali perekonomian selain obyek wisata juga penghasilan bagi masyarakat di sekitar mulai tumbuh," tegasnya.
Muhajirin memaparkan, adapun tempat wisata religius Wali 7 di Bali diantaranya mulai dari Seseh Mengwi (Tabanan) Pangeran Mas Sepuh atau Raden Amangkurat dengan gelar Syeikh Achmad Chamdiun Choirussaleh, yang merupakan putra dari Raja Mengwi ke-5 di Bali. 
Halaman :

TAGS : Wisata Religi Ziarah Wali Pitu Wali Pitu Peziarah Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


The Best Cargo Company in Bali | Air and Sea Shipping in Bali

We are Your Experienced and Reliable Freight Forwarding Partner in Bali. Bali Cargo, Bali Freight Forwarder, Bali Shipping. Worldwide Cargo Logistics and Freight Forwarder in Bali, Air Freight Services, Sea Freight Services. Contact us Today 0811388874



Wisata Lainnya :


Berita Lainnya

Trending Wisata

Berita Bali TV