Lawar Klungah Jadi Sarana Keluarga untuk Bercerita - Beritabali.com

Kuliner

Lawar Klungah Jadi Sarana Keluarga untuk Bercerita

Sabtu, 20 November 2021 | 13:10 WITA
Lawar Klungah Jadi Sarana Keluarga untuk Bercerita

beritabali/ist/Lawar Klungah Jadi Sarana Keluarga untuk Bercerita.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, JEMBRANA.
Lawar klungah umumnya merupakan kuliner khas Jembrana. Tak seperti lawar pada umumnya, lawar klungah terbuat dari bahan dasar klungah atau kelapa muda yang belum berisi daging. 
Di hari raya umat Hindu saat ini, masakan lawar Klungah ini masih menjadi menu favorit warga Jembrana. Seperti salah satu warga Kelurahan Banjar Tengah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana I Nengah Seraya (81) mengatakan, dirinya rutin setiap hari raya, baik Galungan maupun Kuningan membuat Lawar Klungah. 
"Masakan ini (lawar Klungah), bukan saja menjadi ciri khas Jembrana, tapi lebih dari pada itu. Ini membuat rasa kangen kumpul dengan keluarga" kata seraya.
Menurutnya, proses dari pembuatan lawar klungah ini menjadi wadah untuk saling bercerita satu sama lain saat anggota keluarga kumpul di hari raya. 
"Ya, ketika membuat lawar itu kan bisa ngobrol dengan anak dan cucu. Apalagi pas metektekan (mencingcang lawar) pasti banyak cerita yang keluar," sambungnya.
Di samping itu lanjut Seraya, hampir sebagian besar para anak muda di Jembrana bisa membuat lawar kelungah. Bagian klungah yang digunakan sebagai lawar adalah batoknya yang masih lentur. 
Jika dicicipi tersendiri rasa batok kelapa muda ini terasa pahit, kemudian batok kelapa yang telah dipilih ini direbus hingga matang lalu dipotong kecil layaknya potongan lawar.
Halaman :

TAGS : Kabupaten Jembrana Lawar Klungah Batok Kelapa Bumbu Khas Bali Berita Bali Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Bali Terkini Berita Bali Hari Ini Beritabali Informasi Bali


Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet

Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet. Promo Instalasi hanya Rp. 100.000. Kontak : 082236906863, 085738119233



Wisata Lainnya :


Berita Lainnya

Trending Wisata

Berita Bali TV