Mengenal "Dark Tourism", Konsep Wisata Baru yang Tak Biasa - Beritabali.com

Wisata

Mengenal "Dark Tourism", Konsep Wisata Baru yang Tak Biasa

Senin, 12 Juli 2021 | 19:15 WITA
Mengenal

beritabali/ist/Objek wisata monumen tragedi Bom Bali di Kuta.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Istilah dark tourism merupakan wisata sejarah atau budaya dengan berkunjung ke destinasi terjadinya tragedi masa lalu. Tujuannya adalah untuk mengenang nilai luhur sejarah tersebut. Istilah ini sempat diunggah di akun Instagram resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada 9 Juli 2021.
Dark tourism berarti kunjungan ke lokasi-lokasi tragedi, perang, bencana, hingga kematian. Di Indonesia, ada destinasi-destinasi dark tourism yang memiliki segudang kisah kelam di dalamnya, seperti Museum Tsunami Aceh.
Ini menjadi museum simbolis untuk mengenang korban tsunami yang terjadi di Aceh pada 2004. Museum seluas 2.500 meter persegi ini memiliki sebuah ruangan yang dipenuhi ukiran nama-nama para korban.
Dikutip dari Liputan6.com, museum ini menghadirkan 'lorong tsunami'. Lorong tersebut memiliki bidang menurun serta alur yang melengkung, bersuasana gelap dan memiliki manipulasi air yang terus menerus merembes di dindingnya.
Ada pula ruangan gelap yang dipenuhi kotak paralelogram berwarna oranye di museum itu. Ruangan ini diberi kaca reflektif yang memantulkan setiap bayangan benda yang ada di tempat itu.
Kotak paralelogram-kotak paralelogram tersebut memiliki layar tampilan di atasnya, yang menampilkan berbagai momen yang berhasil ditangkap saat tsunami menerjang 15 tahun lalu. Di antaranya, foto dua lelaki sedang menarik seseorang dari dalam air.
Destinasi berikutnya adalah Tugu Peringatan Bom Bali adalah monumen untuk mengenang peristiwa bom Bali pada 2002. Monumen juga dilengkapi dengan papan nama korban dan bendera-bendera.
Halaman :

TAGS : Beritabali Kemenparekraf Bencana Tsunami Bom Bali Bom Bali Museum


Beritalombok.com - Media Online Lombok Dompu Bima Sumbawa Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Lombok, Dompu, Bima, Sumbawa Terkini.



Wisata Lainnya :


Berita Lainnya

Trending Wisata

Berita Bali TV