Mengenal "Dark Tourism", Konsep Wisata Baru yang Tak Biasa - Beritabali.com

Wisata

Mengenal "Dark Tourism", Konsep Wisata Baru yang Tak Biasa

Senin, 12 Juli 2021 | 19:15 WITA
Mengenal

beritabali/ist/Objek wisata monumen tragedi Bom Bali di Kuta.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Istilah dark tourism merupakan wisata sejarah atau budaya dengan berkunjung ke destinasi terjadinya tragedi masa lalu. Tujuannya adalah untuk mengenang nilai luhur sejarah tersebut.
Istilah ini sempat diunggah di akun Instagram resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada 9 Juli 2021.
Dark tourism berarti kunjungan ke lokasi-lokasi tragedi, perang, bencana, hingga kematian. Di Indonesia, ada destinasi-destinasi dark tourism yang memiliki segudang kisah kelam di dalamnya, seperti Museum Tsunami Aceh.
Ini menjadi museum simbolis untuk mengenang korban tsunami yang terjadi di Aceh pada 2004. Museum seluas 2.500 meter persegi ini memiliki sebuah ruangan yang dipenuhi ukiran nama-nama para korban.
Dikutip dari Liputan6.com, museum ini menghadirkan 'lorong tsunami'. Lorong tersebut memiliki bidang menurun serta alur yang melengkung, bersuasana gelap dan memiliki manipulasi air yang terus menerus merembes di dindingnya.
Ada pula ruangan gelap yang dipenuhi kotak paralelogram berwarna oranye di museum itu. Ruangan ini diberi kaca reflektif yang memantulkan setiap bayangan benda yang ada di tempat itu.
Kotak paralelogram-kotak paralelogram tersebut memiliki layar tampilan di atasnya, yang menampilkan berbagai momen yang berhasil ditangkap saat tsunami menerjang 15 tahun lalu. Di antaranya, foto dua lelaki sedang menarik seseorang dari dalam air.
Destinasi berikutnya adalah Tugu Peringatan Bom Bali adalah monumen untuk mengenang peristiwa bom Bali pada 2002. Monumen juga dilengkapi dengan papan nama korban dan bendera-bendera.
Tragedi bom meledak terjadi di Jalan Legian, Kuta pada Sabtu malam, 12 Oktober 2002. Bom yang mengguncang Paddy's Pub dan Sari Club itu menewaskan lebih dari 200 orang, sedangkan 200 lebih lainnya luka berat maupun ringan.
Dua bom pertama meledak di Paddy's Pub dan Sari Club di Jalan Legian, Kuta, Bali dan ledakan selanjutnya terjadi di dekat Kantor Konsulat Amerika Serikat, Jalan Hayam Wuruk 188, Denpasar. Peristiwa yang disebut Bom Bali I ini dianggap sebagai salah satu aksi terorisme terparah dalam sejarah Indonesia.
Peristiwa Bom Bali I ini juga diangkat menjadi film layar lebar dengan judul Long Road to Heaven. Pemainnya antara lain Surya Saputra sebagai Hambali dan Alex Komang, serta melibatkan pemeran dari Australia dan Indonesia.
Museum Sisa Hartaku, mengenang bencana erupsi Gunung Merapi pada 2010. Warga setempat mendirikan museum berisi sisa-sisa peraboran rumah sebagai saksi bisu bencana tersebut.
Museum yang berlokasi di Desa Wisata Petung, Sleman, Yogyakarta dahulu adalah rumah yang ditinggali Riyanto dan keluarga. Benda-benda yang dipajang ditata berjajar bercampur dengan sisa debu, ada kerangka sapi yang masih utuh, kerangka motor, hingga tulisan-tulisan kepedihan saat bencana menjadi ragam artefak pengingat amukan lahar Merapi.
Selain itu, ada pula Makam Juang Mandor di Kalimantan Barat, tempat terjadinya Peristiwa Mandor. Ini adalah tragedi pembantaian massal 21 ribu orang Indonesia oleh tentara Jepang pada 1942--1945.

Penulis : Media Network

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS :


The Best Cargo Company in Bali - ADHI DARMA CARGO

ADHI DARMA CARGO is an International Freight Forwarder  that established in 1995. Adhi Darma Cargo specialized in International Air Freight and Sea Freight Forwarder and Logistics Transportation Solutions with it’s office and warehouse located  in Ubud - Bali, Indonesia. Contact us Today : 082339597441



Wisata Lainnya :


Berita Lainnya

Trending Wisata

Berita Bali TV