Singapore Airlines Kembali Terbang ke Bali 4 Mei, Dimulainya "Travel Corridor"? - Beritabali.com

Wisata

Singapore Airlines Kembali Terbang ke Bali 4 Mei, Dimulainya "Travel Corridor"?

Rabu, 28 April 2021 | 14:25 WITA
 Singapore Airlines Kembali Terbang ke Bali 4 Mei, Dimulainya

bbn/Kemenparekraf

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengapresiasi keputusan maskapai Singapore Airlines yang akan kembali melayani penerbangan ke Bali mulai 4 Mei 2021 
Ia menyebut hal itu sebagai inovasi dan langkah antisipasi jelang pembukaan travel corridor arrangement (TCA). 
"Namun, sampai saat ini belum ada perubahan peraturan kedatangan WNA, masih berlaku Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020. Kami harus siapkan strategi komunikasi agar wisatawan mancanegara memahami," kata Menparekraf dalam Weekly Press Briefing, Selasa, 27 April 2021 dikutip dari Liputan6.com.
Salah satu aturan yang tertera di dalam Permenkumham tersebut menyebutkan warga asing yang boleh masuk ke Indonesia, khususnya Bali, adalah mereka para pemegang visa khusus, KITAS, dan KITAP. Begitu pula dengan orang yang datang ke Indonesia karena tugas negara. Mereka yang masuk harus menyiapkan dokumen yang diperlukan dan menjalani karantina selama lima hari.
"Mungkin kunjungan terkait persiapan pembukaan TCA juga sehingga Singapore Airlines mengambil kebijakan penerbangan reguler pada 4 Mei," sambung dia.
Sandiaga menyatakan, keputusan Singapore Airlines tersebut juga harus disikapi sebagai sinyal agar persiapan yang dilakukan oleh pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali juga harus ditingkatkan dan dimantapkan. Dengan demikian, wisatawan mancanegara akan menikmati layanan yang lebih berkualitas saat TCA diberlakukan.
"Tentu kita dorong masyarakat pariwisata dan ekonomi kreatif siap-siap dengan kebutuhan wisatawan, baik dari pelayanan maupun produk-produk ekonomi kreatif. Kita harus kedepankan unsur CHSE," kata Sandi.
Sejauh ini, sambung Sandiaga, rencana pembukaan TCA untuk lima wilayah, yakni Nusa Dua, Sanur, Ubud, Bintan, dan Lagoi, masih dijadwalkan pada Juni--Juli 2021. Untuk itu, pihaknya makin menggencarkan vaksinasi dan menargetkan 2--3 juta orang sudah tervaksinasi di Bali pada saat TCA berlaku.
"Tidak ada kendala dalam ketersediaan vaksin, target kita tetap. Tindak lanjut arahan presiden, kita prioritaskan Bali, Jogja, dan Jabodetabek," ucap dia.
Selain Singapura, pemerintah Indonesia juga sedang menjajaki pembukaan TCA dengan Tiongkok dan Uni Emirat Arab. Persyaratanya adalah negara yang memiliki returning home policy yang tidak memberatkan. Indonesia terus memantapkan persiapan, termasuk dengan menyiapkan asuransi, aplikasi, dan regulasi untuk itu.
"Kita coba dulu, seminggu gimana hasilnya, dua minggu gimana hasilnya, sembari akan terus tingkatkan jumlah mitra yang terhubung travel bubble," terang Sandiaga.

Penulis : Media Network

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Singapore Airlines Penerbangan Ke Bali Travel Corridor Arrangement Wisatawan Mancanegara


Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita?

Ingin produk atau jasa Anda muncul di setiap akhir berita? Hubungi DIVISI BISNIS Beritabali.com



Wisata Lainnya :


Berita Lainnya

Trending Wisata

Berita Bali TV