Mampir ke Jogja? Cicip 5 Makanan Khas Ini! - Beritabali.com

Kuliner

Mampir ke Jogja? Cicip 5 Makanan Khas Ini!

Rabu, 14 April 2021 | 16:45 WITA
Mampir ke Jogja? Cicip 5 Makanan Khas Ini!

bbn/ilustrasi

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Sepertinya semua orang di dunia punya sifat yang sama. Saat traveling, jalan-jalan, atau berwisata ke suatu tempat, selain menikmati suasananya, juga pasti mencicipi makanan-makanan khas dari daerah tersebut.
Tentu saja demikian ya, sebab makanan khas dari daerah tersebut sudah pasti susah dijumpai di daerah lain. Atau pun jika ada di daerah lain, rasanya akan berbeda dari tempat asalnya.
Demikian juga halnya dengan makanan-makanan khas dari Jogja. Tak akan sama rasanya jika kita cicip makanan khas Jogja tapi saat kita di Bandung. Selain rasanya, suasananya juga pasti gak dapat. Jadi supaya bisa dapat yang maksimal, ayo cobain makanan-makanan berikut ini selama mampir di Jogja.
1. Gudeg
Apa makanan yang terlintas saat dengar kata Jogja? Sudah pasti semua orang akan menjawab Gudeg. Ya, tentu saja demikian, sebab gudeg ini memang makanan khas yang sangat identik dengan Jogja. 
Gudeg sendiri merupakan makanan tradisional yang berasal dari Yogjakarta. Olahan buah nangka muda yang gurih dan manis ini lumayan legendaris. Semua kalangan menyukai gudeg Jogjga. Selain karena rasanya yang enak, juga karena harganya yang terjangkau.
Selain buah nangka muda, di dalam gudeg juga ditambahkan aneka bahan dan bumbu. Dari garam, gula, hingga manggar, jamur, serta buah salak. Dengan ditambah nasi putih, tahu, tempe, telur, atau ayam, kapan pun itu waktu makan menjadi terasa istimewa. 
2. Bakpia Pathuk
Selain Gudeg, apalagi yang identik dengan Jogja? Iyes, bakpia pathuk. Makanan yang awalnya hanya berasa manis dan berisi kacang hijau itu memang khas dari Jogja. Dan seiring dengan berjalannya waktu, serta kemajuan zaman, bakpia pathuk kini sudah mengalami banyak peningkatan. Dari segi rasa, tampilan, hingga bahan-bahannya.
Ya benar, kini bakpia pathuk tak hanya memiliki rasa original kacang hijau. Ada juga rasa cokelat, keju, durian, dan yang lainnya. Bahkan proses pembuatannya juga tak hanya dipanggang, ada juga yang dikukus. Pastinya, kesemua perubahan yang terjadi pada bakpia pathuk membuat cita rasanya semakin bertambah.
3. Bakmi Jawa
Ke Jogja juga wajib hukumnya mencicip bakmi. Bakmi Jogja yang juga banyak disebut sebagai bakmi jawa ini juga bisa dibilang makanan khas Jogja. Sesuai namanya, makanan ini berbahan dasar mie. Dengan ditambah bumbu khas masakan jawa, jadilah bakmi Jogja atau bakmi Jawa. 
Ada dua jenis bakmi yang ada di Jogja. Yakni bakmi rebus dan bakmi godog. Keduanya memilki tekstur mie yang lembut. Rasanya yang gurih membuat bakmi jawa disukai banyak orang.
4. Nasi Tiwul Gunungkidul
Mungkin sebagian dari kita ada yang belum mengetahui makanan yang satu ini, Nasi Tiwul Gunungkidul. Tapi sesuai namanya, nasi tiwul ini merupakan makanan khas Jogja juga. Tepatnya berasal dari Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. 
Nasi tiwul terbuat dari tepung gaplek,yaitu singkong kering yang sudah terlebih dahulu mengalami proses penggilingan. Konon, nasi tiwul ini sudah menjadi makanan pokok masyarakat Gunungkidul. Dan layaknya makanan lain, waktu dan teknologi sudah banyak mengubah nasi tiwul ini. Dari banyaknya varian hingga ke banyaknya olahan yang menggunakan nasi tiwul. Akan tetapi originalnya, nasi tiwul dicampur dengan parutan kelapa.
5. Sate Klatak
Untuk para penggemar sate, nama sate klatak pasti sudah tidak asing lagi. Sate berbahan dasar daging kambing yang dulu banyaknya ada di Jogja itu kini sudah banyak di tempat lain. yang membedakan sate klatak dan sate lain adalah dari penusuk satenya. Jika sate biasa menggunakan tusuk yang terbuat dari bambu, maka sate klatak ditusuk menggunakan jeruji sepeda.
Jangan ditanya soal rasanya. Gurihnya kambing, serta enak bumbu, dan juga meratanya pembakaran akibat pemanasan dari jeruji sepeda membuat sensasi makan sate klatak susah untuk dilupakan.
Itu dia 5 makanan khas Jogja yang wajib dicicip saat mampir atau berwisata ke Jogja. Sebagian harus Anda makan langsung di tempat, supaya sensasinya bisa maksimal. Sebagian lagi bisa Anda belii sebagai oleh-oleh. Kesemuanya dapat dengan mudah Anda temukan di tiap sudut kota Yogyakarta.
Pesan tiket pesawat online jika Anda berencana ke Jogja. Dijamin mudah dan praktis. Selain tentunya Anda juga bisa memperoleh harga tiket yang murah. Jangan lupa juga untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan. Supaya perjalanan dan juga traveling Anda nyaman dan aman.  

Penulis : Rilis Pers

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS :


Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet

Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet. Promo Instalasi hanya Rp. 100.000. Kontak : 082236906863, 085738119233



Wisata Lainnya :


Berita Lainnya

Trending Wisata

Berita Bali TV