Desa Darmasaba Rencana Sulap DAM Jadi Destinasi Wisata - Beritabali.com

Wisata

Desa Darmasaba Rencana Sulap DAM Jadi Destinasi Wisata

Senin, 05 April 2021 | 22:50 WITA
Desa Darmasaba Rencana Sulap DAM Jadi Destinasi Wisata

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, BADUNG.
Dalam upaya menggali potensi desa agar memberi kontribusi nyata kepada masyarakat, salah satu Desa di Kabupaten Badung yakni Desa Darmasaba berencana menata atau mempercantik DAM. 
DAM ini terletak di utara pusat Desa Darmasaba atau berjarak kurang lebih satu setengah kilometer dari pusat pemerintahan Desa. Menurut Prebekel Desa Darmasaba, I.B.Surya Prabhawa, hal itu dilakukan agar keberadaan DAM harus dijaga ekosistemnya. 
Pihaknya memiliki target paling utama yaitu menjaga habitat ekosistem di kawasan tersebut agar tetap terjaga dalam upaya menjaga keseimbangan alam.
"Pengelolaan penting dalam hal ini kita ingin mengelola tempat tersebut. Akan tetapi hasil dari pada pengelolaan nantinya untuk menjaga dan melestarikan tempat disana juga," jelasnya.
Selanjutnya, jika dilihat kondisi infrastruktur, saat ini akses jalan menuju ke DAM telah ada. Akan tetapi masih perlu ditata lebih baik lagi karena akan mengarah sebagai objek wisata dengan poin center DAM tersebut.
"Dalam hal ini penataan yang belum ada (infrastruktur) itu nantinya akan dilakukan terlebih dahulu. Kemungkinan akan mengarah ke pariwisata mulai dari tempat rekreasi, susur sungai, jogging track dan jalur bersepeda. dilihat lokasi sekitar memang memungkinkan untuk hal tersebut," katanya. 
"DAM tersebut rencananya akan dipakai sebagai point Centernya. Nantinya para pengunjung akan dapat menikmati aneka olahan kuliner di sekitar DAM. Dalam penyajian kuliner nantinya tentu akan melibatkan para pelaku UMKM di Desa Darmasaba," paparnya.
Sampai saat ini rencana pengembangan DAM masih dalam tahap rancangan dan nantinya akan dimasukkan pada RPJM Desa. "Ya, astungkara tahun depan dapat terealisasi. Tapi tentu tetap kita melihat sistem keuangan di Kabupaten yang mana boleh dan yang mana tidak," katanya.
Usulan tersebut nantinya akan dimasukan ke RPJM Desa dan tahun depan akan mulai dikaji. "Dalam hal ini kita tidak mau tergesa-gesa. Saya pribadi tidak ingin membangun hanya untuk pencitraan saja akan tetapi memang membangun sesuai dengan kebutuhan masyarakat," cetusnya.

Penulis : Agung Gede Agung

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS :


The Best Cargo Company in Bali - ADHI DARMA CARGO

ADHI DARMA CARGO is an International Freight Forwarder  that established in 1995. Adhi Darma Cargo specialized in International Air Freight and Sea Freight Forwarder and Logistics Transportation Solutions with it’s office and warehouse located  in Ubud - Bali, Indonesia. Contact us Today : 082339597441



Wisata Lainnya :


Berita Lainnya

Trending Wisata

Berita Bali TV