Bali Dibuka untuk Wisman Awal 2022, Kadisparda: Nike Kewenangan Pusat - Beritabali.com

Wisata

Bali Dibuka untuk Wisman Awal 2022, Kadisparda: Nike Kewenangan Pusat

Kamis, 11 Maret 2021 | 12:15 WITA
Bali Dibuka untuk Wisman Awal 2022, Kadisparda: Nike Kewenangan Pusat

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Berdasarkan data yang dirilis dari Kementrian Kesehatan berupa tabel tentang Timeline Re-Opening Hijau Ubud dan Nusa Dua, disebutkan pada Januari-Maret 2022, Bali akan melakukan uji coba pembukaan untuk wisatawan asing.
Untuk pembukaan Bali untuk wisman nantinya akan berkoordinasi dengan agen travel internasional. Sedangkan April direncanakan pembukaan resmi zona hijau Ubud dan Nusa Dua untuk wisatawan asing.
Kepala Dinas Pariwisata provinsi Bali, Putu Astawa saat dikonfirmasi mengatakan informasi tersebut belum diterimanya secara resmi. Namun, kata dia, untuk keputusan pembukaan Bali bagi wisatawan mancanegara merupakan kewenangan dari Pemerintah Pusat. Pihaknya hanya berupaya untuk kesiapan industrinya.
"Nike (itu-red) kewenangan pusat. Tugas kami mempersiapkan industrinya," katanya, Kamis (11/3/2021).
Untuk konfirmasi lebih lanjut, ia menyarankan informasi tersebut kepada Dinas Kesehatan Provinsi Bali perihal data tabel Reopening Bali pada tahun 2022.
Persiapan di 2021 Dari data Kemenkes tersebut selain rencana pembukaan Bali untuk wisman, disebutkan tahapan persiapan prakondisi sebelumnya yang dimulai pada Maret-April 2021 yang dilakukan vaksinasi penduduk dan pekerja wisata, koordinasi lintas kementrian atau Lembaga, dan penyiapan aplikasi tracing.
Pada Mei-Juni 2021 dilakukan vaksinasi pekerja wisata dan petugas pintu kedatangan, uji coba aplikasi tracing, Sertifikasi SHSE untuk 70% sektor. Sedangkan pada Juli-September 2021 dilakukan pengawasan prokes masyarakat lokal keluar-masuk zona hijau, pengawasan prokes wisatawan domestik masuk zona hijau
Untuk Oktober-Desember 2021 dilakukan penilaian oleh evaluator eksternal untuk persiapan pembukaan wisatawan asing.

Penulis : Tim Liputan

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Kepala Dinas Pariwisata Bali Wisatawan Asing Reopening Bali


Biar kamu #TetapTerjaga dirumah, Kami antar semua kebutuhanmu Pakai Bluebird COD - Chat-Order-Deliver

Program berlaku di area Sarbagita, Argo taksi dimulai pick-up di lokasi pertama dan Pembayaran Tunai atau Non-Tunai melalui Easy Ride My Bluebird.



Wisata Lainnya :


Berita Lainnya

Trending Wisata

Berita Bali TV