146 Usaha Pariwisata di Tabanan Terancam Tidak Dapat Stimulus - Beritabali.com

Wisata

146 Usaha Pariwisata di Tabanan Terancam Tidak Dapat Stimulus

Senin, 02 November 2020 | 22:40 WITA

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Sebanyak 146 usaha yang bergerak di bidang pariwisata di kabupaten Tabanan terancam tidak bisa mendapatkan hibah stimulus usaha pariwisata yang digelontorkan oleh pemerintah Pusat. 

Pilihan Redaksi

  • 671 Hotel dan 200 Restoran di Badung sebagai Calon Penerima Dana Hibah
  • Hotel Tidak Berizin Terancam Tak Dapat Bantuan Hibah Pariwisata
  • Bantuan Hibah Pusat Rp1,2 Triliun Diharapkan Dongkrak Daya Beli Masyarakat
  • Karena hasil verifikasi yang dilakukan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Tabanan, ratusan usaha pariwisata tersebut belum mengantongi Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP), yang menjadi salah satu indikator dalam pemberian hibah tersebut.
    Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Tabanan sebelumnya sudah melakukan pendataan jumlah usaha yang dianggap memenuhi kriteria untuk mendapatkan kucuran hibah tersebut. 
    Hasilnya, tercatat ada sebanyak 298 restoran dan hotel di wilayah Kabupaten Tabanan yang berpotensi mendapatkan stimulus tersebut. Dengan 4 kriteria yang harus dipenuhi, seperti melunasi seluruh pajak di tahun 2019 artinya tidak ada hutang pajak, pelaku usaha wajib masih buka sampai dengan Agustus 2020 meskipun selama buka terdampak pandemi, pelaku usaha wajib menyerahkan bukti setoran pajak dari Januari-Desember 2019, dan wajib terdaftar pada (TDUP) Tanda Daftar Usaha Pariwisata.
    Khusus dengan TDUP yang menjadi ranah pengawasan DPMPTSP dari hasil verifikasi (turun ke lapangan) didapati ada 146 usaha yang memang belum mengantongi TDUP. Terkait hal itu Kepala DPMPTSP Tabanan, I Made Sumerta Yasa menghimbau agar pelaku usaha bersangkutan agar segera memproses ijin tersebut agar bisa mendapatkan hibah dari pusat.  
    “Kami sebatas menghimbau bagi yang belum punya TDUP harus segera diurus. Karena jika ijin mati dari segi aturan tidak memungkinkan untuk mendapatkan hibah tersebut, ini kan sangat disayangkan saat ada peluang bagus untuk bisa dapat hibah justru terkendala persoalan ijin, dan saat ini kami masih terus menunggu,” terangnya.
    Dan tentunya bagi mereka yang akan mengurus ijin terkait dengan TDUP, DPMPTSP sendiri akan siap memfasilitasi, namun apakah nantinya masih bisa masuk prioritas ini yang masih dikaji. 
    “Hasil verifikasi petugas kami di lapangan memang ditemukan ada yang TDUP nya mati dan ada juga yang memang belum memiliki. Misalnya saja di Jatiluwih, disana memang tidak kami beri ijin,” ujarnya  

    Penulis : Kontributor Tabanan

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Stimulus Usaha Pariwisata Tabanan Persoalan Ijin


    Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

    Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



    Wisata Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending Wisata

    Berita Bali TV