Pariwisata Nusa Penida Siap Dibuka 9 Juli Mendatang - Beritabali.com

Wisata

Pariwisata Nusa Penida Siap Dibuka 9 Juli Mendatang

Jumat, 03 Juli 2020 | 14:25 WITA

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KLUNGKUNG.
Sesuai rencana, semua obyek wisata akan dibuka di seluruh Bali termasuk Pulau Nusa Penida, di Kabupaten Klungkung pada 9 Juli 2020 nanti. Bahkan pemerintah daerah setempat sudah melakukan pengecekan-pengecekan kesiapan mulai dari obyek, sarana di obyek wisata hingga para pelaku pariwisata yang sudah vakum dari bulan Februari lalu.

Pilihan Redaksi

  • Pemancing Terjatuh dari Pinggir Tebing Pantai Gamat Nusa Penida
  • Bupati Suwirta Rancang Penataan Lanjutan Pantai Sental Nusa Penida
  • 50% Akomodasi Wisata di Nusa Penida Belum Miliki Ijin
  • Bupati Klungkung, yang juga selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Klungkung, I Nyoman Suwirta mengatakan hingga saat ini Nusa Penida masih dinyatakan zona hijau atau bebas covid-19 walaupun sebelumnya sempat ada tercatat positif dua orang akan tetapi tidak tinggal di dalam pulau. 
    “Yang sakit itu tugas dan bekerja di Bali daratan, dan tidak sempat ke Nusa Penida,” kata Bupati, Jumat (3/7/2020).
    Dimana protokol kesehatan dilakukan mulai dari Naik Boat, kemudian di dalam boat, hingga di obyek-obyek wisata nantinya. Dan untuk sementara baru dibuka khusus untuk tamu lokal Bali saja atau wisatawan yang tinggal di Bali dan menetap di Bali saja. 
    “Pokoknya warga yang tinggal di Bali dululah, untuk asing masih menunggu keputusan pusat dan propinsi ” ujarnya.
    Lalu dengan peraturan ini bagaimana pengola sarana wisata, baik hotel penginapan dan juga termasuk restorannya? ternyata dari sejumlah narasumber mengatakan sangat siap terlebih mereka sudah merumahkan karyawan rata-rata 90-95 persen, yang tersisa hanya satu dua orang saja untuk melakukan perawatan ringan. Seperti bersih-bersih, berjaga dan hal ringan lainnya. 
    Salah satu penginapan di wilayah Kutampi Nusa Penida, Reynten Hill yang dilengkapi dengan kolam renang serta pemandangan eksotisnya, sangat siap dengan berbagai diskon khusus yang tentunya menggiurkan bagi wisatawan baik asing maupun tamu lokal. 
    “Untuk lokal kita diskon 50-60 persen bahkan lebih, karena dari harga yang kita pasang di booking online satu kamar kita jual Rp 1,2 juta lebih dan untuk wisatawan asing, diskon 30 sampai 40 persen,” kata pemilik dari penginapan ini, Putu Ari Adiantara. 
    Dan tentunya pelayanan dengan protokol kesehatan tetap dijalankan dan bahkan sudah diterapkan. Karena, sejak dibukanya lalu lintas penyeberangan boat dari Bali daratan ke Nusa Penida, sejak pertengahan Juni lalu ada saja yang datang menginap di tempatnya. 
    “Ada yang sembahyang trus menginap, bahkan ada Bule yang sudah lama Tinggal di Bali, saya berikan rp 700 ribu karena sudah langganan,” ujarnya. 
    Sehingga sejumlah karyawannya yang sempat di rumahkan selama pandemic Covid-19 ini bisa bekerja kembali. Dia juga berharap, Pariwisata segera pulih untuk semua tempat wisata di Nusa Penida, walaupun dengan protokol kesehatan lengkap.
      Pengelola pariwisata lainnya, I Ketut Surianta Sunset Garden di Nusa Lembongan mengaku sudah tidak ada penghasilan alias akupansinya nol dari pertengahan Maret lalu. 
     
    “Mudah-mudahan ini segera dibuka penuh, dan tidak saja untuk lokal, agar semua sektor bisa bergerak,” katanya. 
    Terlebih dia hanya menyisakan dua persen dari 100 persen karyawannya untuk perawatan restoran villa hingga kolam renang selama pandemi ini.   

    Penulis : Kontributor Klungkung

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Nusa Penida Pariwisata


    Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet

    Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet. Promo Instalasi hanya Rp. 100.000. Kontak : 082236906863, 085738119233



    Wisata Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending Wisata

    Berita Bali TV