Akibat Corona, Kebun Raya Bali Ditutup - Beritabali.com

Wisata

Akibat Corona, Kebun Raya Bali Ditutup

Kamis, 19 Maret 2020 | 22:55 WITA

bbn/net

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, TABANAN.
Kebun Raya Eka Karya Bali di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan menutup kunjungan wisatawan. Kebijakan penutupan diberlakukan mulai tanggal 19-31 Maret 2020. Penutupan dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Corona Virus di Tabanan.

Pilihan Redaksi

  • Virus Corona Mewabah, Kapolda Bali: Yang Penting Jangan Panik
  • Cegah Corona, Dishub Bali Sediakan Petugas Cek Suhu Tubuh di Terminal
  • OJK Keluarkan Kebijakan Ringankan Beban Kredit Debitur Terdampak Corona
  • Manager Operasional Kebun Raya Bali Teguh Dwiyanto menjelaskan penutupan dilakukan merupakan intruksi langsung dari LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Kebijakan itu dilakukan untuk membantu pemerintah sebagai upaya pencegahan penyebaran Corona Virus. 
    “Jadi sesuai kesepakatan, Kebun Raya Bali ditutup dari tanggal 19-31 Maret,” ungkapnya, Kamis (19/3).
    Pengumuman penutupan telah disampaikan lewat media sosial dan ditempel di depan pintu masuk Kebun Raya. Hanya aja ada sejumlah pengunjung yang datang karena belum mengetahui pengumuman. Namun telah diberitahu oleh petugas. 
    “Petugas ada stand by di depan pintu masuk untuk memberitahu jika ada pengunjung yang datang,” tegasnya.
    Meskipun Kebun Raya ditutup diakui Dwiyanto Kebun Raya tidak sampai kosong. Ada sejumlah petugas yang piket per hari 10 orang. Mereka ditugaskan untuk pembersihan menggunakan disinfektan dan perawatan kawasan. 
    “Tujuan nanti ketika Kebun Raya Bali dibuka kembali suasana tetap nyaman, terawat dan terpelihara,” tuturnya.
    Sementara itu menurut Teguh kunjungan normal per hari di Kebun Raya Bali mencapai 500-700 orang. Ketika weekend bisa saja mencapai 1.000-1.500 orang. Harga tiket masuk Kebun Raya untuk domestik Rp 9.000 per orang baik anak-anak maupun dewasa. Dan wisatawan asing Rp 17.000 per orang baik anak-anak dan dewasa
    Dengan adanya penutupan sementara dipastikan berpengaruh pada pendapatan tiket masuk sekitar 60 persen sampai 70 persen.  “Otomatis ada penurunan pendapatan namun kita tidak memikirkan itu. Lebih baik memikirkan dulu keselamatan semua orang,” ujarnya.
    Untuk diketahui sesuai intruksi LIPI seluruh kebun raya yang dikelola diintruksikan tutup sementara. Selain Kebun Raya Bali, tiga Kebun Raya yang juga ditutup adalah Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas dan Kebun Raya Purwodadi. 

    Penulis : Kontributor Tabanan

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Kebun Raya Bali Ditutup Akibat Corona


    Komodo Liveaboard And Phinisi Cruise Sailing | Bali Phinisi Yacht

    Liveaboard Indonesia, Luxury Sailing Yacht Charter, Luxury Pearl Through The Archipelago. Behike Yacht Private Cruises offer incredible journeys through some of the most extraordinarily beautiful and exotic destinations. Contact us Today 081337567123



    Wisata Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending Wisata

    Berita Bali TV