Tingkatkan Stamina Pria, Arak Lemon Warnai HUT PDIP di Karangasem - Beritabali.com

Kuliner

Tingkatkan Stamina Pria, Arak Lemon Warnai HUT PDIP di Karangasem

Minggu, 23 Februari 2020 | 18:30 WITA

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, KARANGASEM.
Pasca diterbitkannya Pergub Bali No 1 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi dan/atau Destilasi Khas Bali yang menjadikan arak dan minuman tradisional Bali lainnya legal, berbagai jenis minuman berbahan dasar arak mulai bermunculan.

Pilihan Redaksi

  • Bupati Giri Prasta Gelorakan PPNSB di Rakerda PDIP di Batam
  • Virus Babi Gampang Dibunuh Setelah Makan Babi, Minum Yogurt Atau Arak
  • Rumah Potong Hewan Denpasar Imbau Masyarakat Cek Kesehatan Hewan dan Daging
  • Seperti pemandangan lomba memasak dalam rangka hut Partai PDIP ke 47 yang menggelar Festival Kuliner Bali yang bertajuk "Solid bergerak wujudkan indonesia negara industri berbasis riset dan inovasi nasional" yang berlangsung pagi ini Minggu (23/02/2020) di lapangan candra bhuana.
    Terlihat tidak hanya makanan khas tradisional Bali yang ditampilkan oleh masing - masing perwakilan peserta yang berasal dari 8 kecamatan se Kabupaten Karangasem. Namun yang unik juga disuguhkan berbagai racikan minuman yang berbahan dadar arak tradisional.
    Menurut Made Urip salah seorang peserta perwakilan Kecamatan Abang asal Desa Labasari. Dalam lomba tersebut, ia menyuguhkan dua racikan minuman berbahan dasar arak tradisional yang ditemukan sendiri yaitu arak lemon dan arak min.
    "Ini awalnya kita coba - coba sendiri  di rumah, meracik dengan bahan alami, setelah beberapa kali akhirnya ketemulah arak lemon dan pas diminum rasanya ternyata enak serta banyak teman yang berminat," tutur Made Urip kepada media ini.
    Untuk membuat arak lemon adapun bahan - bahan yang dipergunakan yaitu arak tradisional dengan kualitas kelas satu kemudian buah lemon dan madu asli. Setelah bahan terkumpul, tuangkan sedikit arak kedalam gelas, kira - kira seperempat gelas. 
    Kemudian belah lemon jadi dua dan pisahkan batunya lalu diperas. Setelah air perasan lemon terkumpul kemudian  campurkan satu sendok makan kedalam arak dan aduk rata. Langkah terakhir, setelah perasan lemon diaduk rata lalu tuangkan satu sendok makan madu asli atau lebih tergantung selera dan diaduk rata juga.
    Setelah semua bahan tercampur arak lemon siap untuk disuguhkan. Tidak hanya sensasi rasa arak yang lebih nikmat, menurut Made Urip dengan rutin meminum arak lemon satu atau dua sloki diyakini mampu menambah stamina bagi laki - laki.
    "Ini bagus dikonsumsi untuk pria bisa nambah stamina," ungkap Urip sambil tersenyum.
    Ia juga mengatakan, untuk racikan arak seperti arak lemon ini, sebenarnya sudah diketahui dari dulu bahkan di sejumlah lokasi wisata juga sudah ada yang meraciknya namun karena dianggap ilegal sehingga tidak berani disebarluaskan.
    Ia berharap mudah-mudahan dengan meracik Arak dengan bahan-bahan alami kedepan arak tradisional bisa bersaing dengan minuman-minuman lainnya di industri pariwisata.
     
    Sementara itu, Wayan Eka Saputra yang berprofesi sebagai cef di Candi Beach Resort dalam kesemptan tersebut sebagai dewan juri lomba masak tersebut cukup mengapresiasi olahan minuman berbahan dasar arak tradisional.
    Menurutnya, Arak Tradisional Bali sangat berpotensi untuk go internasional bersaing dengan sake dan minumal lainnya. Jika diolah secara benar Arak juga bisa dijadikan sebagai disert dan cooktail dicampur dengan sari buah dan masih banyak yang bisa digali lagi.
    "Tinggal kita yang pintar promosinya bagaimana, bisa juga ketika tamu kekarangasem ya paling tidak bisa cicipi minuman tradisional ini, kan Karangasem terkenal dengan Arak tradisionalnya," kata Pria asal Klungkung tersebut.
    Sementara itu, Kedua DPC PDIP Karangasem, I Gede Dana berharap melalui festival Kuliner ini, makanan tradisional Karangasem nantinya mampu dihidangkan di hotel-hotel berbintang untuk dinikmati oleh wisatawan.

    Penulis : Kontributor Karangasem

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Arak Lemon HUT PDIP Karangasem


    Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

    Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



    Wisata Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending Wisata

    Berita Bali TV