New Normal, Demer Dorong Pariwisata Bali Segera Dibuka - Beritabali.com

Wisata

New Normal, Demer Dorong Pariwisata Bali Segera Dibuka

Minggu, 31 Mei 2020 | 13:35 WITA

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, DENPASAR.
Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Gde Sumarjaya Linggih (Demer) mengungkapkan pergerakan ekonomi terutama pariwisata Bali harus segera dimulai secara simultan dengan penerapan protokol kesehatan. Hal ini berdasarkan pertimbangan jika dilakukan hanya satu sisi saja seperti memprioritaskan kesehatan maka memerlukan waktu yang panjang untuk menyelesaikannya.

Pilihan Redaksi

  • Belum Mau Terapkan New Normal, Koster: Yang Penting Sehat Dulu
  • Bupati Eka Belum Setuju Wacana "New Normal" Pariwisata
  • Bali Tujuan Pertama Wisman Australia, Peluang Bali Saat "New Normal"
  • "Ini semua harus berjalan simultan tidak bisa kedepankan kesehatan karena jika tidak dibuka untuk pariwisata akan berdampak panjang, ini bisa 10 tahun kalau mau diselesaikan," katanya di Denpasar, beberapa waktu lalu.
    Sementara pemerintah pusat sedang merancang protokol kesehatan untuk 'New Normal', nanti akan ada sosialisasi sebulan sehingga diharapkan bisa diterapkan di masyarakat secara sadar. Bahkan, kata dia, jika perlu aparat kepolisian dan TNI, serta desa adat bisa berperan untuk penjagaan protokol kesehatan seperti di contohnya di Jakarta.
    "Perekonomian tetap dibuka pelan-pelan dibuka, bahkan segera tetapi tidak melupakan protokol kesehatan kalau perlu dijaga oleh aparat," ungkapnya. 
    New Normal, Keadaan Tidak Normal
    Demer juga memprediksi dalam keadaan New Normal nantinya kunjungan pariwisata ke Bali akan berkurang seiring diterapkannya protokol kesehatan baik di pesawat atau bandara. Ini karena penerapan social distancing yang mengakibatkan kebijakan perusahaan maskapai hanya mengangkut 50% dari jumlah kapasitas normalnya. 
    Persoalan nantinya di airport kalau sebelumnya bisa 100% saat ini hanya 50% karena kebijakan social distancing untuk penumpang pesawat dan kapasitas airport untuk menjadi normal ini agak berat kecuali ada airport baru," kata dia sembari menambahkan kemungkinan normal baru tidak bisa mencapai target kunjungan turis 100%, karena hanya bisa maksimal 75% nya karena penerapan social distancing.
    "Nah ini persoalan karena kita juga pekerja pariwisata yang disayangkan nantinya hotel kecil yang mana keadaaan normal sudah berat. Tapi mau tidak mau, suka tidak suka saya berharap kegiatan ekonomi ini mulai saat new normal," tutupnya.

    Penulis : I Komang Robby Patria

    Editor : I Komang Robby Patria


    TAGS : Gde Sumarjaya Linggih New Normal


    Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet

    Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet. Promo Instalasi hanya Rp. 100.000. Kontak : 082236906863, 085738119233



    Wisata Lainnya :


    Berita Lainnya

    Trending Wisata

    Berita Bali TV