Kuliner Nasi Ayam Panggang Khas Pasar Senggol Gianyar - Beritabali.com

Kuliner

Kuliner Nasi Ayam Panggang Khas Pasar Senggol Gianyar

Selasa, 28 Mei 2019 | 14:20 WITA
Kuliner Nasi Ayam Panggang Khas Pasar Senggol Gianyar

beritabali.com/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, GIANYAR.
Setiap sore menjelang malam hari, jalanan pusat Kota Gianyar selalu dipadati oleh masyarakat yang berkunjung ke Pasar Senggol Gianyar. 
 
Menjual berbagai kuliner khas Kota Gianyar dengan harga yang terjangkau, tempat ini menjadi pilihan masyarakat untuk mengisi waktu makan malam mereka. Pasar Senggol Gianyar yang menjadi ikon kuliner Kota Gianyar ini terletak di Jalan Ngurah Rai, Gianyar, Bali.
 
Tepatnya di samping Hardys Gianyar dan bersebrangan dengan Balai Budaya Kota Gianyar yang menjadi pusat kota Gianyar. Pasar Senggol ini terbagi menjadi dua tempat yakni di sepanjang pinggir jalan dan di dalam kawasan Pasar Umum Gianyar. Bagian Pasar Senggol Gianyar yang berada di sepanjang Jalan Ngurah Rai khusus menjual berbagai makanan khas Gianyar diantaranya makanan olahan ayam, ikan, bebek, hingga babi. 
 
Sementara di dalam kawasan Pasar Umum Gianyar terdapat beraneka jenis pedagang seperti makanan, pakaian, mainan, bahan-bahan kebutuhan memasak, hingga sarana persembahyangan umat Hindu. 
 
Salah satu yang menjadi kuliner khas di Pasar Senggol Gianyar ini adalah nasi ayam panggang dan ayam betutu yang paling diminati masyarakat. Hampir setiap kedai warung di sepanjang Jalan Ngurah Rai tersebut menjual nasi ayam panggang dan ayam betutu. Kedai warung Nyoman Sarjana contohnya. 
 
Kedai ini sangat ramai dikunjungi masyarakat yang ingin menikmati menu nasi ayam panggang yang menjadi menu andalannya. Kuliner nasi ayam panggang tersebut dapat dinikmati sesuai selera yang diinginkan mulai dari rentangan harga Rp. 10.000, Rp. 15.000, Rp. 20.000, dan Rp. 25.000. Tentunya sangat terjangkau diberbagai kalangan masyarakat. 
 
Nasi ayam panggang itu berisi oalahan daging ayam panggang, telur dadar, kacang tanah, sayur, lawar, dan sambel matah. Daging ayam panggang dan telur dadar inilah yang menjadi ciri khas kuliner Gianyar. 
 
“Nasi ayam panggang ini memang sudah terkenal banget jadi ciri khas di Gianyar, apalagi telur dadar dan daging ayam panggangnya ini, beda dari menu nasi ayam panggang di tempat-tempat lain”, ujar Putu, salah satu pengunjung asal kota Denpasar yang menikmati nasi ayam panggang warung Nyoman Sarjana.
 
Kedai ini buka setiap hari dari pukul 15.00 Wita hingga malam hari tergantung ramai tidaknya pengunjung yang hadir. “Kalau ramai biasanya sampai jam 8 malam saja, tapi kalau sepi ya biasanya sampai jam 10 malam”, ujar Bu Eli, pedagang warung tersebut sembari melayani pembeli ditemani putrinya. 
 
Bu Eli bersama keluarganya telah merintis usaha ini sejak tahun 1994, sejak mereka merantau dari daerah asalnya di Kabupaten Klungkung menuju ke kota Gianyar. Selain menu nasi ayam panggang juga terdapat menu lainnya seperti nasi campur Bali, lawar bebek, kuah ares, nasi sela, ayam panggang, serta ayam betutu. Di warung Nyoman Sarjana ini juga menerima pesanan berupa bebek betutu, ayam betutu, ayam panggang, nasi kotak, dan masih banyak lagi. (bbn/unud/rob)

Penulis : Rilis Pers

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Pasar Senggol Gianyar Kuliner Ayam Panggang


Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



Wisata Lainnya :


Berita Lainnya

Trending Wisata

Berita Bali TV