Menparekraf Gandeng Baim Wong dan Yudist Ardhana Kampanyekan Anugrah Desa Wisata - Beritabali.com

Wisata

Menparekraf Gandeng Baim Wong dan Yudist Ardhana Kampanyekan Anugrah Desa Wisata

Rabu, 26 Mei 2021 | 23:40 WITA
Menparekraf Gandeng Baim Wong dan Yudist Ardhana Kampanyekan Anugrah Desa Wisata

beritabali/ist

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, GIANYAR.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menggandeng publik figur dan konten kreator yakni Baim Wong dan Yudist Ardhana untuk menyosialisasikan serta mengkampanyekan program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.
Kegiatan ini diharapkan agar dari 57.000 desa di seluruh Indonesia yang memiliki daya tarik wisata tergerak untuk mendaftarkan desanya ke dalam program ADWI 2021. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Mas, Kampung Wisata Banjar Tarukan Ubud.
Sandi menyebut saat ini tercatat ada 244 desa wisata yang sudah bertransformasi menjadi desa wisata mandiri. Untuk target partisipasi pada program kali ini, jumlah desa wisata yang ikut bisa mencapai 500 desa wisata.
"Kami memandang desa wisata ini mampu membuka lapangan kerja, peluang usaha baru, dan makin membuat masyarakat untuk tergerak terdigitalisasi. Harapannya 1.200 desa yang mempunyai potensi pariwisata bisa kita tingkatkan sehingga menjadi ikon kebangkitan ekonomi nasional," kata dia, Rabu (26/5/2021) di Mas, Ubud.
Kampung Wisata Banjara Tarukan Desa Mas, Ubud terpilih sebagai lokasi sosialisasi ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2021 bukan tanpa alasan. Hal ini karena perkampungan seniman ubud yang memiliki potensi besar dalam bidang seni dan budaya yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan dalam dan luar negeri. 
Desa Mas dikenal sebagai desa pemahat tertua yang sudah ada sejak tahun 1930 dan terkenal di pasar Eropa. Ini merupakan salah satu daya tarik wisata bagi wisatawan internasional. 
Selain kriya berupa karya seni pahat, di desa mas juga memiliki daya tarik di bidang produk kreatif lainnya seperti batik dan karya seni lainnya. Selain itu desa ini secara digital juga berkembang karena desa ini memiliki website dan youtube mengenai informasi kegiatan di desa wisata. Sehingga bisa menjadi preferensi bagi wisatawan yang ingin berkunjung. Selain itu juga banyak tersedia homestay, yang sering kali digunakan bagai volunteer kemanusiaan seluruh dunia dari Eropa hingga Amerika.
Sandiaga Salahudin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI mengatakan, ajang ini merupakan upaya untuk mendorong desa-desa wisata berbenah dan turut serta untuk mengikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yang bertujuan untuk membangkitkan perekonomian sector wisata di Indonesia. 
"Anugerah Desa Wisata sebagai program unggulan dan program andalan masyarakat untuk pelaku wisata di Indonesia. Desa wisata menjadi cerminan kebangkitan ekonomi di tengah hantaman pandemi Covid-19 yang juga berimbas pada ekonomi dan wisata,” ujarnya.

Penulis : Tim Liputan

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Menparekraf Baim Wong Desa Wisata Anugerah Desa Wisata Indonesia


Bali Tour Company | Bali Day Tours Packages | Bali Tours Activities

Best online Bali Tour Company Service for your holiday in Bali Islands by offer special Bali Day Tours Packages, Bali Activities Tour with Professional Bali Tours. Contact us Today 082340081861



Wisata Lainnya :


Berita Lainnya

Trending Wisata

Berita Bali TV