Apa itu "Jukut Harsyan", Makanan Zaman Majapahit yang Mirip Kuliner dari Bali? - Beritabali.com

Kuliner

Apa itu "Jukut Harsyan", Makanan Zaman Majapahit yang Mirip Kuliner dari Bali?

Sabtu, 17 April 2021 | 08:55 WITA
Apa itu

bbn/net

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.com, NASIONAL.
Zaman kerajaan Majapahit ternyata menyimpan makanan yang lezat. Bahkan hingga kini makanan tersebut masih eksis sampai sekarang dan memiliki sejarah menarik.
Dikutip dari Detik.com, tak disangka, di zaman kerajaan dulu ada banyak makanan lezat yang sering dikonsumsi mulai dari rakyat hingga raja. Salah satunya adalah Jukut Harsyan.
Dalam beberapa referensi sejarah menuliskan bahwa kuliner pada masa kerajaan Majapahit mirip seperti kuliner yang berasal dari Bali yang banyak dikenal sekarang ini. Salah satunya adalah jukut harsyan merupakan makanan yang populer di jaman kerajaan Majapahit.
Jukut Harsyan merupakan makanan berupa sup yang isiannya menggunakan daging bebek dan batang pisang muda. Saat itu masyarakat yang hidup di kerajaan Majapahit mencampur batang pisang muda untuk menetralisir kolesterol tinggi setelah menyantap daging bebek.
Dulu, masyarakat di sana memiliki cara yang unik untuk membuat masakan tersebut mengeluarkan aroma yang harum hingga tercium dalam jarak yang jauh. Yaitu dengan mencampurkan kemenyan ke dalam masakannya.
Selain itu juga terdapat campuran rempah dan bumbu lainnya yang masing-masing memiliki arti. Seperti campuran satu ruas kencur untuk melambangkan Yudhistira. 4 ruas lengkuas untuk melambangkan Bima dan 3 ruas kunyit untuk melambangkan Arjuna.

Penulis : Media Network

Editor : I Komang Robby Patria


TAGS : Majapahit Jukut Harsyan Kuliner Jukut Harsyan


Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet

Tetap Produktif di Rumah dengan Biznet. Promo Instalasi hanya Rp. 100.000. Kontak : 082236906863, 085738119233



Wisata Lainnya :


Berita Lainnya

Trending Wisata

Berita Bali TV